TEKNOLOGI GAME

KONSEP TEKNOLOGI GAME KOMPUTER DALAM ASPEK TEKNOLOGI DAN BISNIS

Di era teknologi ini, game komputer sangat digemari oleh masyarakat dari berbagai lapisan. Game yang merujuk pada maksud permainan digital yang dimainkan dengan komputer ini sudah menjadi “barang hiburan” di masyarakat luas. Bila beberapa puluh tahun lalu masyarakat hanya memainkan game tradisional yang dalam arti bermain langsung tanpa perantara komputer, kini bila mendengar kata ‘game’ berarti bermain permainan di komputer. Bila menyangkut komputer berarti ada teknologi yang terkait di dalamnya. Bagaimanakah konsep teknologi game tersebut? Apakah ada kaitannya dengan bisnis?

Game yang kita bahas saat ini berarti menjalankan sebuah aplikasi yang di install di sebuah komputer. Aplikasi game itu sendiri dapat dijalankan pada sebuah platform(alas/lantai) yang ada di komputer untuk aplikasi game tersebut. Untuk membuat game itu sendiri terdapat beberapa software aplikasi pembuat game, seperti Unity3D, Game maker, ogre3D, dll. . Setiap software tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Perkembangan game pun sangat pesat sehingga banyak perusahaan berbasis IT yang menjual berbagai game komputer. Oleh karena itulah, game berkembang bukan hanya sebuah hiburan semata, tetapi menjadi bisnis. Seperti yang saya perhatikan, banyak game komputer yang gratis dalam pengunduhannya, namun saat dimainkan, bila ingin lanjut ke level yang lebih tinggi misalnya, atau mau menambah power dalam game tersebut, harus membayar kepada perusahaan pembuat game tersebut. Selain itu, banyak orang yang menjadi game cheater, yaitu orang yang memainkan karakter game milik orang lain, yang tentunya game cheater harus orang yang handal dalam memainkan game.

KONSEP PEMBUATAN SCRIPT GAME

Ada 2 cara dalam pembuatan game, yaitu dengan membuat sendiri progranya atau dengan menggunakan game maker yang hanya drag and drop saja. Namun kali ini saya akan membahas tentang pembuatan game dengan script alias ngoding sendiri.

Pembuatan script game bisa dilakukan dengan berbagai bahasa pemrograman, contohnya yang paling sering dipakai adalah bahsa C++, VB, Java, dll. . Meskipun terdapat banyak sekali pilihan bahasa, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pemilihan Bahasa Pemrograman

1. Speed 
Bahasa scripting untuk game harus mampu berjalan secepat mungkin. Jika kita berniat untuk menggunakan banyak script untuk perilakukarakter dan kejadian di level game, maka scriptakan perlu untuk mengeksekusi sebagai bagiandari loop game utama. Ini berarti bahwa scriptyang lambat akan memakan waktu yang kita butuhkan untuk membuat suatu adegan,menjalankan mesin fisika, atau menyiapkan audio.
2. Kompilasi dan Interpretasi (penyusunan dan penafsiran)
Bahasa scripting secara luasdiinterpretasikan,melalui susunan serangkaian byte. Penafsiran bahasa diambil melalui formatteks. Interpreter melihat setiap baris, penyusunan bekerja sesuai yang maksud dari script, danmelakukan tindakan yang spesifik. Bahasa byte-terkompilasi dikonversi dari teks ke formatinternal, yang disebut byte code. Kode byte biasanya jauh lebih padat daripada format teks.Karena kode byte dalam suatu formatdioptimalkan ketika dieksekusi, agar dapat berjalan lebih cepat.
3. Ekstensibilitas dan Integrasi
Bahasa scripting perlu memiliki akses kefungsi yang signifikan ke dalam game. Sebuahscript yang mengendalikan karakter, misalnya, harus mampu untuk menanyai game untuk mencaritahu apa yang bisa dilihat dan kemudianmembiarkan game tahu apa yang akan dilakukansebagai aksinya.
4. Re-Entrancy (ikut serta ulang)
Fungsi ini sering berguna untuk memanggilscript menjadi diikutsertakan ulang. Mereka dapat berjalan untuk sementara waktu, dan ketikaanggaran waktu telah habis script akan dapatditunda. Ketika script selanjutnya mendapatkan beberapa waktu kembali, maka akan dapatmenjalankan kembali script yang ditundasebelumnya.Hal ini sering membantu untuk membiarkankontrol hasil script saat mencapai jeda normal.Kemudian sebuah algoritma penjadwalan dapatmemberikan lebih banyak waktu untuk meminimalisasi penggunaan sumber daya.
Sebuah script untuk mengendalikan sebuahkarakter, misalnya, mungkin memiliki limatahapan yang berbeda (memeriksa situasi,memeriksa kesehatan, menentukan gerakan,rencana rute, dan melaksanakan gerakan). Inisemua dapat dimasukkan dalam satu script yangmenghasilkan penyekat antara setiap bagian.Kemudian masing-masing akan berjalan dengansetiap lima frame, dan beban dari eksekusi AI akandidistribusikan
Embedding (Penanaman)
Embedding berhubungan dengan ekstensibilitas.Sebuah bahasa yang tertanam dirancang untuk dimasukkan ke dalam program lain. Ketika kitamenjalankan bahasa scripting dari workstation, biasanya akan menjalankan program khusus untuk menafsirkan file source code. Dalam game, sistemscripting perlu dikontrol dari dalam program utama.Game yang menentukan jalannya script harusdijalankan dan harus dapat memberitahu mesin terkait bahasa scripting yang cocok untuk memproses scripttersebut.
Open Source
Bahasa yang open source yaitu bahasa yang bisa di pakai di berbagai operasi sistem. Bahasa seperti ini contohnya C++, Java. Sebaiknya dalam membuat script game menggunakan bahasa yang open source, agar aplikasi game dapat dipakai oleh pengguna opersi sistem apapun.
KONSEP AI DALAM GAME KOMPUTER
        Pernahkah kamu memainkan game dengan lawan komputer alias game itu sendiri? Itulah AI atau Artificial Intelligient,
BENTUK ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK GAME
         Seperti apakah arsitektur perangkat lunak game sehingga dapat menjalankan game atau memainkannya dengan AI?
Arsitektur mesin game adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Simplenya dari arsitektur mesin game itu adalah rancangan dari sistem perangkat lunak dari game itu sendiri. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. Engine bukanlah executable program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri. Diperlukan sebuah program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program.

 

DAFTAR PUSTAKA:

https://www.academia.edu/3875722/Scripting_dalam_Pembuatan_Game

 

Tinggalkan komentar